Chef HANUM, RF
a blog of recipes
of my food journey :)
Home » , , » SCOTCH EGG (KENTANG VERSI)

SCOTCH EGG (KENTANG VERSI)

Written By Unknown on Rabu, 15 April 2015 | 01.14

chefhanumrf.blogspot.com
scotch egg (kentang versi)

siapa yang lagi bingung mau bikin apa, buat cemilan nanti sore?, 

dan paling suka kentang dan telur?
aku?, suka sekali dengan yang namanya kentang, entah di bikin mash potato, duchess potatoes, bergedel, bahkan jika hanya di rebus.

dan aku paling suka jika melihat kentang kentang yang besar dan mulus, untuk kentang yang bagus, harus padat dan berwana kuning setelah di kupas, jika kalian akan menggoreng kentangnya, maka setelah di kupas, lalu harus segera di cuci dan di keringkan, karna jika kalian rendam dalam air itu akan mengakibatkan kadar air dalam kentang akan bertambah.
disini aku menggoreng kentangnya, karna keluargaku sangat suka sekali dengan hal hal yang gurih, tapi jika kalian ingin merebus kentangnya tak apa, hasilnya akan sama jika kalian memilih kentangnya yang kualitas bagus, ingat,, ini dapur kalian, sesuaikan tekhnik dan cara dengan kesukaanmu. 


setelah kentang di goreng atau di rebus, kalian bisa menghaluskannya hanya dengan menggunakan garpu atau alat smasher, kebetulan aku punya alat smasher yang di tinggalkan oleh alm.ibundaku, jadi aku menggunakannya, alat yang bisa di ginakan sebagai merepas jeruk dan sebagai smasher kentang ini.


untuk kelur puyuhnya, aku membeli di pasar yang sudah direbus, karna susah untuk mendapatkan telur puyuh yang masih mentah. pilih telur puyuh yang tidak berair dan cangkangnya belum retak ya, itu menandakan bahwa telur puyuh itu masih fresh.

resepnya aku samakan dengan resep yang ada di https://dapurmasak.com/resep/scotch-egg-kentang-versi-24742?ref=recently_viewed_recipe

bahan bahan:
kentang700 gram
telur puyuh matang10 butir
bawang putih1 siung besar
bawang merah2 siung besar
telur ayam1 butir
lada bubuk1/4 sdt
garam1 sdt
bahan selimut
tepung panir100 gram
tepung terigu5 sdm
minyak goreng1/2 liter
cara membuat

1. kupas kentang, lalu cuci bersih dan keringkan menggunakan tisu. (cara ini menyebabkan kentang tidak basak dan akan kalis pada saat pembentukan).

2
potong kecil kecil, sama seperti jika akan membuat bergedel., goreng hingga matang lalu haluskan.

3
potong bawang merah dan bawang putih, lalu goreng dan haluskan. setelah halus campur bersama adonan kentang, lada dan garam lalu aduk hingga rata.

4
kocok telur dan campur kedalam adonan kentang sebanyak 3 sdm. jika adonan kentang berasa lengket dan tidak bisa di bentuk, diamkan dalam lemari pendingin agar sedikit berkurang kadar airnya.

5
jika adonan sudah dapat di bentuk, bentuk bulat dan tengahnya di beri 1 butir telur putuh.

6
sisa kocokan telur tadi beri air agar tidak terlalu kenal, lalu gulingkan scotch egg dalam tepung terigu, lalu telur dan terakhir tepung panir.

7
panaskan minyak lalu goreng scotch egg hingga coklat keemasan. enak untuk ngeteh di sore hari bersama si kecil :D
SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar