Chef HANUM, RF
a blog of recipes
of my food journey :)

PATISERI #1

Written By Unknown on Minggu, 26 April 2015 | 04.05


Yap, patiseri…., siapa yang tau apa itu patiseri? Yang suka banget sama roti pasti tau istilah ini.
Kali ini aku akan membahan tentang apa itu patiseri dan perbedaan perbedaan dengan boga. Dan untuk patiseri yang ini aku bakalan mbahas yang versi kontinenatalnya.
Mulai dari pengerian ya…

PATISERI
Patiseri continental adalah ilmu yang mempelajari tentang makanan yang berbahan dasar tepung, gula, telur yang di oven atau di bake dan di jual di bakery dan bias berupa cake, bread, dan cookies dan biasanya berasal dari daratan eropa.

Ok, setelah kalian tau tentang pengertian patiseri itu sendiri mari kita berali tantang resep. Resep patiseri dan boga berbeda jauh lo… dan cara membacanyapun berbeda ada caranya teman.

RESEP
Resep dalam patiseri adalah catatan atau tata cara yang terdiri dari bahan, julah bahan dan cara pembuatan, untuk peletakan bahannya harus di tulis dari mulai yang akan dipakai dan seterusnya, tidak boleh tertukar urutannya, dan untuk jumlah bahannya harus tepat dalam pengukuran, ingat pengukuran dalam patiseri sangatlah penting, untuk tata cara harus urut pada saat memasukan karna jika tidak akan berdampak pada hasil.

ALAT UKUR
Dalam patiseri pasti kalian akan berfikir bahwa peralatannya sagatlah banyak?, yap, pemikiran kalian sama dengan pemikiranku, dan uang makankupun harus aku sisihkan untuk membeli peralatan patiseri ini, dari mulai semua alat ukur, semua? Yap lagi, alat ukur dalam patiseri bukan Cuma satu lo…. :D

1. Volume : untuk mengukur volume, biasanya para patisier menggungakan alat seperti cup, sendok ukur. Biasanya untuk mengukur benda benda dengan ukuran cup atau sdm, seperti tepung terigu, dan macam macam gula.


2. Mili gram : untuk mengukur mili gram biasanya kita menggunakan timbangan metik yang dapat mengukur dengan takaran dari 1 gram.

3. Kilo gram : untuk mengukur dalam jumlah kilo gram kita dapat menggunakan timbangan yang biasa kita gunakan, akan lebih akuran lagi kita menggunakan metik juga dalam kapasitas besar.

4. Mili liter : biasanya kita menggunakan gelasa ukur untuk menghitung cc, atau milli
Ok, untuk patiseri #1 sampai sini dulu ya…, dilanjut patiseri #2 yang akan membahas tentang macam macam produk patiseri.



DITUNGGU KOMENNYA :D
SALAM PASTRY :D

SHARE

About Unknown

1 komentar :