Chef HANUM, RF
a blog of recipes
of my food journey :)
Home » » BECHAMEL SAUCE

BECHAMEL SAUCE

Written By Unknown on Jumat, 17 April 2015 | 00.02


Hallo blogger,
Salam masak dariku,

Setelah aku me-post tentang mother sauce, pastinya kalian ingin sekali mengetahui recipe dan cara cara membuatnya kan? Di dalam pelajaran continental, yang namanya besic sauce atau mother sauce sangatlah penting, kalian harus menghafalkannya di luar kepala, karna ini baru dasar, masih banyak anak anak sauce dan cucu cucu sauce yang harus kalian hafalkan.

Untuk kali ini aku akan me-post recipe béchamel sauce,

Bahan bahan:

30 gr mentega
30 gr tepung terigu
200 cc  susu cair
Onion pique (onion, bay life, clove yang putiknya sudah di buang), tusuk onion dan baylife dengan clove.


Lada dan garam secukupnya.

Cara membuat:
1. Panaskan susu cair bersama onion picke, sampai suam suam kuku, suhunya  sekitar 70 C, . ingat jika memanaskan susu tidak boleh sampai mendidih, dan harus di aduk aduk terus. Setelah sampai 70 c matikan api dan saring.



2. Buat roux, panaskan mentega sampai cair lalu masukan tepung terigu dan aduk sampai tepung terigunya matang, cukup sampai berwarna putih atau cream. Setelah tepung matang, matikan apinya dan sisihkan.


3. Dalam proses pembuatan sauce jika roux panas, maka cairan harus dingin, usahakan salah satunya harus dingin, jangan panas dua duanya. Karna akan mempengaruhi rasanya, hehehe aku tau cara ini pun dari teman satu teamku waktu memasak, dia lulusan salah satu SMK terkenal di prov Yogyakarta.
4. Setelah cairan susunya dingin, panaskan roux dan tuang cairan susu sedikit demi sedikit, dalam proses ini saya sarankan untuk menggunakan ballon Wisk karna akan mempermudah pengadukan dan akan menghasilkan sauce yang akan bertekstur lebih lembut dan tidak bergumpal.


5. Masak hingga agak mengental, lalu saring
6. Setelah di saring panaskan kembali dan beri lada garam.


Ingat, sauce bukanlah bubur, hahah :D itu adalah kalimat yang selalu dosenku katakana kepada kami, yap, sauce harus mengalir saat di alirkan, dan tidak cair seperti air, point ini lah yang sangat susah, karna tidak ada resep yang akan berhasil tanpa hati, itulah boga, berbeda dengan pastry, jika kurang kental, panaskan saja terus saucenya, tetapi jika terlalu kental, matikan api dan tambahkan cairan lalu saring.

Selamat mencoba,
Dan salam masak dariku,
Love culinary.
SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar