Chef HANUM, RF
a blog of recipes
of my food journey :)
Home » » HOME MADE NOODLES eggless

HOME MADE NOODLES eggless

Written By Unknown on Rabu, 29 Juli 2015 | 05.16


huy guys, dah lama nih ngga update lagi hehehe..., gara gara males plus ada masalah di keluargaku, jadi susah banget buat nyari waktu untuk update,
dari bulan puasa sih sebenernya..., semua kakak kakakku kok pada kompakan pengen makan mie ayam, cuma berhubung di deket perumahan ngga ada mie ayam yang enak banget,,, jadi mending bikin sendiri. toh ayam di kulkas masih ada...

resep mie ini simple buanget menurutku...
cukup 3 bahan..., hehehe... untuk yang vegetarian, ini cocok buat kalian..., soalnya aku bikinnya ngga pake telur...

ok...
bahan:
750 grm tepung terigu / all purpose flour
1 cup air biasa / bisa mentah / bisa matang (suhu ruang)
2 sdt garam

cara membuat:
1. campur semua bahan, dan buat bola besar.
dalam step ini yang penting semua terigu menjadi satu bulatan, tidak masalah jika tektur luar atau dalamnya tidak halus. aku akan memberi tips disini agar mie yang kalian buat chewy dan tidak memakan tenaga.
2. diamkan selama 30 menit dan tutup dengan kain biasa. jika membunyai wadah kedap udara juga bisa di pakai.
3. setelah 30 menit, uleni selama 10 menit. dan diamkan kembali selama 10 menit. lakukan seperti itu hingga adonan elastis dan kalis. aku melakukannya bisa sampai 10 kali..., semakin sering adonan diperlakukan seperti itu maka mie anda akan semakin chewy.


4. potong adonan menjadi beberapa bagian..., dan roll hingga ketipisan yang anda inginkan, jika saya dengan ketipisan 1 mili. karna aku ingin memakan mie yang chewy dan tidak terlalu mengenyangkan.


 5. setelah kalian me rollnya dengan ketipisan yang kalian mau, lalu lipat menjadi 3 lipatan, di setiap lipatan harus di beri terigu ya, biar ngga lengket dan ngga hancur. setelah itu tinggal di potong sesuai lesera anda, mau tipis atau pipih.


lalu lepaskan lipatan mereka dan taburkan dengan tepung dan tata dalam wadah dan taruh dalam lemari pendingin. akan lebih awet lagi jika di jemur terlebih dahulu.



SHARE

About Unknown

2 komentar :