Chef HANUM, RF
a blog of recipes
of my food journey :)
Home » » RESEP NUGGET TEMPE ENAK

RESEP NUGGET TEMPE ENAK

Written By Unknown on Senin, 30 November 2015 | 23.31



hai hai..., dah lama banget ya ngga update ni blog... hahaha.... kemaren sekitar 3-4 bulan yang lalu kebetulan hanum lagi ada masalah..., huhuhu :'( jadi ngga ada waktu buat update ni blog lagi deh... #edisi_curhat hehehe


hanum berterimakasih buat pada bloger dan viewer yang dah setia banget liatin blog hanum, semoga ilmu yang ada di sini bisa di manfaatkan dengan main oleh para viewer hehehe.... viwernya dah nembus angka 1300 lo... hehehe... hanum seneng banget waktu liatnya... hehehe makasih ya...

nah udah dulu ya sesi bla bla nya... hahaha :D

ok, resep kali ini yang akan aku share adalah resep nugget tempe, keluargaku itu suka banget sama yang namanya tea time, sedikit ribet memang jika harus setiap hari membuat snack untuk acara time time kita... apa lagi aku ngekost otomatis di rumah tidak ada orang yang siap siaga buat nyiapin snack untuk waktu tea time. nah jadi sebenarnta nugget tempe ini aku buat sekitar 1 setengah kilo... :D
hehehe untuk persediaan di kulkas aja sih... :D

oke, ini dia resepnya

700 tempe
250 daging ayam
1/2 cup tepung terigu
1/2 cup tepung beras
100 gr bunga brokoli tanpa batang
100 gr wortel
2 butir telur
3 sdm garam
1 sdm gula
1/2 sdm lada
10 butir bawang merah
5 bawang putih
1 sdt ketumbar bubuk

bahan pembalut

2 cup tepung terigu
1 utir telur
500 cc air
500 gr pangko / tepung panir kuning

langkah-langkah

1. siapkan semua bahan.



2. untuk memperudah dan membuat nugget itu awet, kita harus mengukus tempenya terlebih dahulu sampai mantang, sekitar 10 -20 menit, selagi panas tumbuk halus tempe tersebut.



3. selagi mengukus kalian bisa me blach brokoli dan memarut wortel, dan jangan lupa menggilang daging ayam, mengapa wortelnya di kukus? karna sebagian anak kecil tidak menyukai wortel dalam makanannya, tetapi jika kalian suka wortel potongannya bisa di sesuaikan terhapdap diri sendiri.



4. goreng bawag merah dan bawang putih, lalu blender bersama garam, lada, gula, ketumbar da 2 butir telur.
seelah tempe di tumbuk dan semua bahan terkumpul, campurkan semua bahan tersebut, seperti tempe tumbuk, bumbu blender, ayam giling, wortel, brokoli, dan semua tepung, uleni hingga merata dan cicipi rasa, jika menurut kalian kurang asin bisa di tambahkan garam atau lada lagi.



5. setelah adonan tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah di olehsi menyak dan di lapisi dengan plastik/daun pisang.



6. agar nungget awet, kukus adonan hingga 45 menit atau 1 jam.



7. keluarkan nugget dan angin anginkan agar dingin. dingin di sini harus benar benar dingin, jangan sampai hangat.



8. setelah benar benar dingin, poong dengan ukuran 5 cm x 2 cm dengan ketebalan 1/2 cm, tapi kalian juga bisa memotongnya sesuai selera, dan bisa di bentuk sesuan selera juga.

9. kocok telur dan tambahkan ari, air berfungsi agar telur tidak terlalu kental, sehingga membermudah proses pembalutan, dan juga agar lebih awet jika di simpan lama.

10. balut nugget dengan urutan, tepung, telur, pangko, seperti itu sampai semua nugget habis. lalu simpan dalam tempat kedap udara dan simpan dalam frizer sampai beku, jangan di simpai di chiller dalam waktu yang lama.


SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar